Rabu, 04 Agustus 2010

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DAN PRESTASI KERJA CARGO HANDLING PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG SURABAYA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
PROPOSAL SKRIPSI
”Analisis Hubungan Antara Kompensasi dan Prestasi kerja Cargo Handling Pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya”







Oleh:
Nama : Rico Ade Putra
NIM : 224106104



Sekolah Tinggi Manajemen Transpor TRISAKTI
JAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Persaingan dalam usaha semakin kompleks dan tajam, dalam kondisi seperti ini maka setiap perusahaan yang berada dalam industri yang sama harus bekerja dengan maksimal. Banyak faktor yang dapat mendukung agar perusahaan dapat bekerja secara maksimal. Salah satu faktor tersebut adalah penggunaan sumber daya manusia. Hal ini karena kemampuan dan kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimilikinya untuk dapat mengelola faktor-faktor lainnya.
Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang ingin dicapai, yang dapat diperoleh dengan tersedianya sumber daya manusia secara kuantitatif dan kualitatif pada perusahaan yang bersangkutan. Ini berarti berkaitan dengan karyawan-karyawan yang menyediakan tenaga, pikiran, waktu dan semangat kerjanya bagi perusahaan tersebut serta kemampuan pimpinan perusahaan dalam memberikan motivasi kepada bawahan.
Motivasi sangat diperlukan pada setiap kegiatan untuk mencapai tujuan, karena tanpa adanya motivasi kerja, pencapaian tujuan akan sulit tercapai seperti yang di harapkan. Memotivasi karyawan bertujuan agar karyawan selalu dalam kondisi kinerja yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaaan.
Seseorang yang berkerja sebagai karyawan dengan maksud ingin memperoleh balas jasa atau reward yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun kebutuhan lainnya. Kebutuhan yang ingin dipenuhi tersebut tentu akan berbeda dari setiap karyawan. Karena itu, pimpinan harus mengetahui kebutuhan pihak karyawan. Ini sangat perlu untuk memotivasi karyawan tersebut dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan.
Kemampuan memotivasi akan terlihat dalam bentuk meningkatnya kinerja karyawan dan akan memberi pengaruh terhadap hasil kinerja karyawan itu sendiri. Sehingga dengan adanya pelaksanaan pemberian motivasi kepada karyawan menjadi salah satu kunci untuk mencapai hasil yang baik bagi perusahaan maupun teradap karyawan sehingga memberikan kepuasan kepada semua pihak. Karena itu, perusahaan harus mampu menerapkan berbagai strategi baik dengan memberikan dan memenuhi kebutuhan financial maupun non_financial karyawan.
Motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia supaya mau berkerja giat dan antusias untuk mencapai hasilnya maksimal. Motivasi semakin diperlukan karena para pimpinan membagikan perkerjaannya kepada bawahan agar dikerjakan dengan baik dan terintegrasi dengan tujuan yang diinginkannya.
Kebijaksanaan motivasi yang diberikan perusahaan diharapkan dapat merangsang kinerja karyawan. Sehubungan dengan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai salah satu aspek penting dari bidang sumber daya manusia yaitu aspek memotivasi karyawan dengan kinerja karyawan pada perusahaan PT Gapura Angkasa.
Tertarik dengan uraian di atas, penulis ingin mengkajinya lebih dalam dan mengemukakannya dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul “ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DAN PRESTASI KERJA CARGO HANDLING PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG SURABAYA”



B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam rangka melaksanakan penelitian ini, penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut:

1. Identifikasi Masalah
Maksud dari perumusan masalah adalah untuk memperjelas masalah yang hendak diteliti dan berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka penulis akan mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut:

a. Masalah mengenai kompensasi yang dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan karyawan, prestasi kerja, serikat pekerja, kesediaan untuk membayar, kemampuan untuk membayar, kebijakan pengupahan, dan biaya hidup.

b. Masalah mengenai prestasi kerja yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, disiplin, sikap, tingkat keterampilan kesehatan, tingkat penghasilan, motivasi, lingkungan kerja dan jaminan sosial.

c. Masalah mengenai efektifitas prestasi kerja cargo handling.






2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan diatas, ruang lingkup manajemen sumber daya manusia cukup luas, maka dalam penulisan skripsi ini di batasi dengan kajian masalah-masalah yang berhubungan dengan pengelolahan sumber daya manusia pada PT Gapura Angkasa cabang Surabaya yang meliputi adanya hubungan kompensasi dan prestasi kerja cargo handling.

3. Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang telah dikemukakan. Maka pokok permasalahan yang di batasi dapat dirumuskan sebagai berikut:

a. Bagaimana kompensasi cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya sudah mencukupi?

b. Bagamana prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya?

c. Apakan ada hubungan antara kompensasi dan prestasi kerja cargo handling PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya?





C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

a. Untuk mengetahui kompensasi cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

b. Untuk mengetahui prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

c. Untuk mengetahui hubungan kompensasi dengan prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.


2. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian dari penyusunan skripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi penulis. Maupun bagi ilmu pengetahuan.

a. Bagi Penulis
Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang labih luas dalam bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya tentang faktor kompensasi dengan prestasi kerja karyawan.


b. Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan terutama pimpinan dalam mengawasi kinerja karyawan agar tetap meningkat.

c. Bagi Ilmu Pengetahuan
Sebagai masukan serta informasi tambahan bagi para akademisi maupun praktisi serta dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya.

D. Hipotesis
Menurut Sugiyono (2007:70) hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Adapun hipotesis data penelitian ini adalah:
“Diduga ada hubungan antara kompensasi dengan prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya”.

E. Metodologi Penelitian

1. Jenis dan sumber data

a. Jenis data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka-angka, seperti tingkat prestasi kerja cargo handling, tingkat kompensasi karyawan yang diberikan, dan data lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
b. Sumber data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

2. Populasi dan Sampel

a. Populasi
Menurut Sugiyono (2007:90) populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di bagian cargo handling pada tahun 2010 pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

b. Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Adapun sampel yang digunakan adalah karyawan cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya yang diambil secara acak.

3. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sebagia berikut:


a. Penelitian Lapangan (field research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari objek penelitian ataupun perusahaan yang diteliti. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu:

1) Kuesioner, kuesioner berisi 14 pertanyaan yang dibagikan kepada responden sebanyak 100 orang yang merupakan karyawan PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya berisi pertanyaan mengenai objek yang diteliti.
Setiap jawaban pertanyaan diberikan bobot nilai sebagai berikut:
a) Sangat setuju (SS) diberikan bobot nilai 5
b) Setuju (S) diberikan bobot nilai 4
c) Ragu-ragu (RR) diberikan bobot nilai 3
d) Tidak setuju (TS) diberikan bobot nilai 2
e) Sangat tidak setuju (STS) diberikan bobot nilai 1

2) Wawancara (interview), adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam memberikan data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

3) Pengamatan secara langsung (observation), adalah dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara langsung terhadap objek yang diteliti.


b. Penelitian kepustakaan (libarary research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk melengkapi data yang ada dengan membaca dan mempelajari buku-buku mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi skripsi.

4. Metode Analisis data
Untuk menganalisis data, maka digunakan analisis statistik untuk di uji secara kuantitatif. Adapun uji statistik yang digunakan adalah sebagai berikut:

a. Analisis Regresi Liniear sederhana
Menurut J. Supranto (2009:112) analisis ini digunakan dengan tujuan untuk:
1. Mengetahui besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan X terhadap perubahan Y.
2. Memperkirakan/meramalkan nilai Y kalau variabel X yang berkorelasi dengan Y sudah di ketahui nilainya.
Y = a + bX
Keterangan :
Y = variable terikat
a = intersep (titik potong kurva terhadap sumbu Y)
b = koefisien regresi atau kemiringan (slope) kurva linier
X = variable bebas (kompensasi karyawan)
n = jumlah data yang digunakan sebagai sampel



a = Σ Y – b Σ X
n
b = n(Σ XY) – (ΣX)(ΣY)
n(Σ X2) – (ΣX)2

b. Anslisis Koefisien Korelasi Produk-Momen Pearson (Pearson Product-Momen Correlation Coefficient)
Menurut Anto Dajan (1993:376) analisis ini digunakan dengan tujuan untuk mengetahui kuat atau tidaknya hubungan antara variabel X dengan Variabel Y, yaitu tingkat kompensasi terhadap prestasi kerja cargo handling.

Pada hakekatnya, nilai r dapat bervariasi dari -1 melalui 0 hingga +1, yaitu:

1) Bila r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel sangat lemah atau tidak terdapat hubungan sama sekali.

2) Jika r = +1 atau mendekati +1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan positif dan sangat kuat sekali.


3) Jika r = -1 atau mendekati -1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan sangat kuat dan negatif.
r = n.ΣXY – ΣX.ΣY
√n.ΣX2 - (ΣX)2 √n.ΣY2 – (ΣY)2
Keterangan :
r = koefisien korelasi

Tabel 1.1
Pedoman Interprestasi Koefisien Korelasi
Interval koefisien Tingkat Hubungan
0,00 - 0,199 Sangat Rendah
0,20 - 0,399 Rendah
0,40 - 0,599 Sedang
0,60 - 0,799 Kuat
0,80 - 1,000 Sangat Kuat
Sumber : Sugiyono (2007 : 216)

c. Analisis Koefisien Penentu
Menurut Iqbal Hasan (2003:248), analisis ini digunakan dengan tujuan unuk mengetahui kontribusi atau persentasi pengaruh besarnya kompensasi terhadap prestasi kerja cargo handling.
KP = r2 x 100%

Keterangan:
KP = Koefisien Penentu

d. Uji Hipotesis
Menurut Algifari (2003:207), analisis ini digunakan dengan tujuan memungkinkan keputusan untuk menerima atau menolak hipotesis yang sedang di uji.

1) Rumusan Hipotesis:
a) Ho : ρ = 0, X dan Y tak berkorelasi
b) HA : ρ > 0, X dan Y mempunyai hubungan positif

2) Nilai kritis:
a) Tingkat signifikan (α)
α = 5% = 0,05
b) Derajat kebebasan (degree of freedom atau disingkat d.f)
d.f. = n – 2 = 100 – 2 = 98
c) ttabel = t α;d.f. = t0,05;49 = 1,684

3) Nilai thitung ditentukan dengan rumus sebagai berikut:
thitung: = r√n – 2
√1 – r2

4) Keputusan:
Keputusan diambil dengan jalan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Jika thtung lebih kecil dari pada ttabel, maka keputusan untuk menerima hipotesis nol (Ho). Sebaliknya, jika thitung lebih besar dari pada ttabel maka keputusan menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha).

5) Kesimpulan:
Kesimpulan dibuat berdasarkan keputusan yang di ambil. Jika keputusan menerima Ho, kesimpulannya adalah tidak ada korelasi antara variabel lain. Sebaliknya, jika keputusan menolak Ho dan menerima Ha kesimpulannya adalah terdapat korelasi antara variabel satu dengan variabel lain.

F. Sitematika penulisan
Dalam sistematika penulisan, skripsi ini terdiri dari beberapa bab yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Dalam sitematika ini dapat diuraikan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tetang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian, dan sistematika penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menguraikan tentang variabel penelitian yaitu definisi manajemen sumber daya manusia, kompensasi, penilaian prestasi kerja, dan variabel lain yang terkait.
BAB III GAMBARAN UMUM
Pada bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat PT Gapura Angkasa Surabaya, organisasi dan manajemen, dan kegiatan usaha PT Gapura Angkasa Surabaya.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menganalisis dan membahas mengenai permasalahan secara keseluruhan, menjelaskan adanya kompensasi dan prestasi kerja, serta hubungan antara kebutuhan karyawan terhadap prestasi kerja.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis mengemukakan tentang kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan, juga memberikan saran-saran yang dapat bermanfaat bagi perusahaan.

Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi dalam Memotivasi Kerja Karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta Tahun 2008

TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
PROPOSAL SKRIPSI
”Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi dalam Memotivasi Kerja Karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta Tahun 2008”





Oleh:
Nama : Mucharom Arief Laksono
NIM : 224306069



Sekolah Tinggi Manajemen Transpor TRISAKTI
JAKARTA



PROPOSAL
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan perusahaan pelayaran di Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan semakin meningkatnya volume perdagangan Internasional. Semakin banyaknya perusahaan pelayaran di Indonesia, merupakan suatu tantangan bagi perusahaan-perusahaan pelayaran untuk dapat bertahan menghadapi persaingan yang ada. Persaingan bisnis yang meningkat akan memaksa perusahaan untuk mengikutsertakan masalah sumber daya manusia kedalam strategi perkembangan perusahaan. Daya saing suatu perusahaan akan sangat ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan tersebut untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi sumber keunggulan kompetitif yang sangat penting.
Salah satu cara agar dapat bertahan menghadapi persaingan tersebut dengan meningkatkan motivasi karyawan perusahaan yang merupakan faktor utama dalam mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan kegiatan suatu perusahaan. Motivasi yang diberikan perusahaan dapat berupa gaji dan bonus yang adil, layak serta terjamin sehingga dapat mendorong karyawan bekerja sesuai dengan keinginan perusahaan.
Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia bekerja untuk dapat memberikan jasa bagi dirinya (kompensasi), karena hal tersebut merupakan suatu kebutuhan manusia. Demikian juga dengan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta, tempat dimana kami berpraktek kerja perlu menyusun dan mengatur pemberian kompensasi pada karyawan dengan memperhatikan unsur keadilan sesuai dengan prestasi, fungsi, tugas dan tanggungjawab masing-masing. Pengertian adil disini adalah agar tiap karyawan dapat menentukan imbalan jasa yang sesuai dengan tanggungjawabnya, hak serta kewajibannya.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji dan menganalisa lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi atau karya tulis ilmiah dengan judul : ”Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi dalam Memotivasi Kerja Karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta Tahun 2008”.

B. Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah, sumber daya manusia merupakan faktor utama penggerak perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Adapun identifikasi masalahnya adalah :
a. Kompensasi yang diterima oleh karyawan
b. Motivasi kerja yang dimiliki oleh karyawan
c. Hubungan pemberian kompensasi dengan tingkat motivasi kerja yang dimiliki karyawan

2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijabarkan di atas, maka penulis membatasi pada masalah ”Kompensasi yang diberikan perusahaan dalam upaya meningkatkan motivasi kerja yang dimiliki karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta Tahun 2008, yang dimaksud karyawan KMTC adalah karyawan dari PT. Samudera Indonesia sebagai General Agent KMTC.”
3. Pokok Masalah
a. Apakah kebijakan pemberian kompensasi karyawan oleh Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta cukup baik ?
b. Apakah tingkat motivasi kerja yang dimiliki karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta cukup tinggi ?
c. Bagaimana hubungan antara pemberian kompensasi dengan tingkat motivasi kerja karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk mengetahui kebijakan pemberian kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta.
b. Untuk mengetahui gambaran mengenai motivasi kerja karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta.
c. Untuk mengetahui hubungan antara pemberian kompensasi dengan tingkat motivasi karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta.
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi penulis
Untuk menerapkan teori yang telah dipelajari dikuliah sehingga menambah pengetahuan dan wawasannya di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya mengenai hubungan pemberian kompensasi dengan motivasi kerja.
b. Bagi perusahaan
Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan dalam upaya untuk menyempurnakan kebijaksanaan pemberian kompensasi guna meningkatkan motivasi kerja karyawan di masa yang akan datang.
c. Bagi pembaca
Diharapkan dapat membantu pembaca pada umumnya agar dapat memahami masalah tentang sumber daya manusia khususnya tentang pengaruh pemberian kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan dan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai informasi untuk penelitian lebih lanjut.

D. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor dari jawaban angket. Sedangkan untuk sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dengan cara mempelajari buku-buku, diktat yang ada hubungannya dengan permasalahan yang ada dan dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian dari pihak perusahaan.
2. Populasi dan Sampel
a. Populasi
Populasi adalah kumpulan elemen yang menjadi objek penelitian dalam skripsi ini. Populasi yang dimaksud adalah seluruh karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta yang berjumlah 59 orang.
b. Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi atau bagian karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Sampel ini di lakukan dengan tujuan untuk mempermudah efisiensi dan efektivitas waktu. Adapun sampel yang diambil adalah sebanyak 30 orang karyawan Korea Marine Transport Co., Ltd Jakarta.



3. Metode Pengumpulan Data
Dalam melakukan penelitian ini diperlukan data-data yang dapat mendukung penelitian, maka dalam hal ini penulis menggunakan metode sebagai berikut :
a. Penelitian Lapangan (field research)
Yaitu metode penelitian dan pengumpulan data-data dengan cara langsung kelapangan, baik dengan melakukan observasi maupun wawancara kepada pihak-pihak yang terkait.
1) Kuesioner ( daftar pertanyaan )
Yaitu berupa pertanyaan yang disusun sedemikian rupa untuk mengetahui tanggapan dari responden terhadap pertanyaan diberikan sebagai data yang akan diolah. Dengan cara merubah data yang bersifat kualitatif menjadi kuantitatif melalui pemberian nilai atau bobot dengan menggunakan skala likert, seperti dibawah ini :
Tabel I.1
Bobot atau Nilai Jawaban
Jawaban Nilai atau Bobot
Sangat setuju
Setuju
Ragu-ragu
Kurang Setuju
Tidak Setuju 5
4
3
2
1
Sumber : Supranto (1997 : 241)
2) Wawancara (Interview)
Yaitu data-data yang diperoleh dengan melakukan wawancara tanya jawab secara langsung antara penulis dengan pihak-pihak yang telah diberikan wewenang memberikan informasi.
3) Pengamatan secara langsung (Observasi)
Yaitu kegiatan yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dengan terjun ke lapangan guna mengamati segala sesuatu yang terjadi di lapangan pada saat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta pada objek penelitian.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Untuk memperoleh data yang sekunder, yaitu metode penelitian dan pengumpulan data dengan cara meneliti dokumen-dokumen yang terkait dengan penyusunan skripsi dan referensi yang terkait dengan permasalahan ini.
4. Metode Analisa Data
a. Analisis Regresi Linier Sederhana
Analisis ini diperlukan untuk mengetahui tingkat hubungan proporsional antara variabel bebas dengan variabel terikat. Persamaan regresi linier sederhana dijelaskan oleh Sugiyono 2007 : (261-262), sebagai berikut :
Y = a + b X
Untuk mengetahui nilai a dan b digunakan rumus-rumus sebagai berikut.
a = - b
b =
Dimana :
Y = Variabel dependen (tingkat motivasi kerja karyawan)
X = Variabel independent (biaya kompensasi)
a = Bilangan konstan
b = Koefisien regresi
n = Jumlah pasang observasi

b. Analisis Koefisien Korelasi
Analisis koefisien korelasi adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya dan kuat tidaknya hubungan antara kompensasi dengan motivasi kerja Sugiyono (2007 : 274).
r =
Dimana :
r = Analisis korelasi
n = Banyaknya observasi
X = Variabel independen (biaya kompensasi)
Y = Variabel dependen (tingkat motivasi kerja karyawan)
Hasil dari r dapat disimpulkan sebagai berikut :
1) Jika r = 0 atau mendekati 0 maka pengaruh antara variabel X dan Y sangat lemah atau tidak terdapat pengaruh sama sekali.
2) Jika r = + 1 atau mendekati + 1 maka pengaruh antara variabel X dan Y positif dan sangat kuat.
3) Jika r = - 1 atau mendekati – 1 maka pengaruh antara variabel X dan Y sangat kuat tetapi negatif.
Adapun pedoman untuk menginterpretasikan tingkat hubungan tersebut, dapat dilihat pada tabel 1.2 dibawah ini.
Tabel I.2
Interval Korelasi Tingkat Hubungan
0.00 - 0.199 Sangat Rendah
0.20 - 0.399 Rendah
0.40 - 0.599 Sedang
0.60 - 0.799 Kuat
0.80 - 1.00 Sangat Kuat
Sumber : Sugiyono (2007 : 231)

c. Analisis Koefisien Penentu
Merupakan besarnya kontribusi atau pengaruh X terhadap Y dalam persentase.
Kp = r x 100%
Keterangan :
Kp = Koefisien penentu
r = Koefisien korelasi X dan Y
d. Uji Hipotesis
Uji hipotesis adalah prosedur yang memungkinkan keputusan dapat dibuat, yaitu menolak atau menerima hipotesis alternatif (Hi) yang dikemukakan pada bagian sebelum ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel melalui tahap-tahap sebagai berikut :
1) Hipotesis awal
a) Ho :  = 0, tidak ada pengaruh antara variabel X dan Y
b) Ho :   0, ada pengaruh antara variabel X dan Y positif
c) Ho :   0, ada pengaruh antara variabel X dan Y negative
2) Rumus thitung
t =
3) Bandingkan hasil observasi thitung dengan ttabel pada  = 0,05 ; df = n-2
4) Kesimpulan
a) Jika thit  ttabel artinya Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti ada hubungan antara kompensasi dengan motivasi kerja.
b) Jika thit  ttabel artinya Ho diterima dan Hi ditolak yang berarti tidak ada hubungan antara kompensasi dengan motivasi kerja.
E. Hipotesis
Berdasarkan uraian diatas, Penulis sampai pada kesimpulan sementara dari penelitian yang dilakukan yaitu : ”Dugaan adanya hubungan antara kompensasi yang diberikan oleh perusahaan berhubungan positif dengan tingkat motivasi kerja yang dimiliki karyawan pada Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta Tahun 2008”.
F. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara ringkas tentang susunan isi skripsi. Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memuat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodelogi penelitian, hipotesis serta sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dikemukakan tentang definisi dan teori-teori yang berhubungan dengan pokok bahasan skripsi ini seperti manajemen sumber daya manusia, kompensasi, motivasi dan pengaruh kompensasi terhadap motivasi.
BAB III GAMBARAN UMUM KOREA MARINE TRANSPORT Co., Ltd (KMTC) Jakarta
Dalam bab ini akan diberikan gambaran mengenai Korea Marine Transport Co., Ltd (KMTC) Jakarta, struktur organisasi perusahaan serta bidang usaha perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini merupakan isi dari hasil penelitian, analisis dan pembahasan mengenai pemberian kompensasi, tingkat motivasi kerja serta hubungan antara pemberian kompensasi dengan tingkat motivasi kerja karyawan.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bagian akhir yang berisi kesimpulan singkat mengenai hasil analisis dari pembahasan penelitian yang telah dilakukan dan saran-saran yang merupakan sumbangan pemikiran penulis berupa dalam upaya perbaikan dimasa yang akan datang.

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DAN PRESTASI KERJA CARGO HANDLING PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG SURABAYA


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
      Persaingan dalam usaha semakin kompleks dan tajam, dalam kondisi seperti ini maka setiap perusahaan yang berada dalam industri yang sama harus bekerja dengan maksimal. Banyak faktor yang dapat mendukung agar perusahaan dapat bekerja secara maksimal. Salah satu faktor tersebut adalah penggunaan sumber daya manusia. Hal ini karena kemampuan dan kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimilikinya untuk dapat mengelola faktor-faktor lainnya.
      Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang ingin dicapai, yang dapat diperoleh dengan tersedianya sumber daya manusia secara kuantitatif dan kualitatif pada perusahaan yang bersangkutan. Ini berarti berkaitan dengan karyawan-karyawan yang menyediakan tenaga, pikiran, waktu dan semangat kerjanya bagi perusahaan tersebut serta kemampuan pimpinan perusahaan dalam memberikan motivasi kepada bawahan.
      Motivasi sangat diperlukan pada setiap kegiatan untuk mencapai tujuan, karena tanpa adanya motivasi kerja, pencapaian tujuan akan sulit tercapai seperti yang di harapkan. Memotivasi karyawan bertujuan agar karyawan selalu dalam kondisi kinerja yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaaan.
      Seseorang yang berkerja sebagai karyawan dengan maksud ingin memperoleh balas jasa atau reward yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun kebutuhan lainnya. Kebutuhan yang ingin dipenuhi tersebut tentu akan berbeda dari setiap karyawan. Karena itu, pimpinan harus mengetahui kebutuhan pihak karyawan. Ini sangat perlu untuk memotivasi karyawan tersebut dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan.
      Kemampuan memotivasi akan terlihat dalam bentuk meningkatnya kinerja karyawan dan akan memberi pengaruh terhadap hasil kinerja karyawan itu sendiri. Sehingga dengan adanya pelaksanaan pemberian motivasi kepada karyawan menjadi salah satu kunci untuk mencapai hasil yang baik bagi perusahaan maupun teradap karyawan sehingga memberikan kepuasan kepada semua pihak. Karena itu, perusahaan harus mampu menerapkan berbagai strategi baik dengan memberikan dan memenuhi kebutuhan financial maupun non_financial karyawan.
      Motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia supaya mau berkerja giat dan antusias untuk mencapai hasilnya maksimal. Motivasi semakin diperlukan karena para pimpinan membagikan perkerjaannya kepada bawahan agar dikerjakan dengan baik dan terintegrasi dengan tujuan yang diinginkannya.
      Kebijaksanaan motivasi yang diberikan perusahaan diharapkan dapat merangsang kinerja karyawan. Sehubungan dengan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai salah satu aspek penting dari bidang sumber daya manusia yaitu aspek memotivasi karyawan dengan kinerja karyawan pada perusahaan PT Gapura Angkasa.
Tertarik dengan uraian di atas, penulis ingin mengkajinya lebih dalam dan mengemukakannya dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul “ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DAN PRESTASI KERJA CARGO HANDLING PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG SURABAYA”



B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam rangka melaksanakan penelitian ini, penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut:

1.      Identifikasi Masalah
Maksud dari perumusan masalah adalah untuk memperjelas masalah yang hendak diteliti dan berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka penulis akan mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut:

a.       Masalah mengenai kompensasi yang dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan karyawan, prestasi kerja, serikat pekerja, kesediaan untuk membayar, kemampuan untuk membayar, kebijakan pengupahan, dan biaya hidup.

b.      Masalah mengenai prestasi kerja yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, disiplin, sikap, tingkat keterampilan kesehatan, tingkat penghasilan, motivasi, lingkungan kerja dan jaminan sosial.

c.       Masalah mengenai efektifitas prestasi kerja cargo handling.






2.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan diatas, ruang lingkup manajemen sumber daya manusia cukup luas, maka dalam penulisan skripsi ini di batasi dengan kajian masalah-masalah yang berhubungan dengan pengelolahan sumber daya manusia pada PT Gapura Angkasa cabang Surabaya yang meliputi adanya hubungan kompensasi dan prestasi kerja cargo handling.  

3.      Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang telah dikemukakan. Maka pokok permasalahan yang di batasi dapat dirumuskan sebagai berikut:

a.       Bagaimana kompensasi cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya sudah mencukupi?

b.      Bagamana prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya?

c.       Apakan ada hubungan antara kompensasi dan prestasi kerja cargo handling PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya?





C.    Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.      Tujuan Penelitian

a.       Untuk mengetahui kompensasi cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

b.      Untuk mengetahui prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

c.       Untuk mengetahui hubungan kompensasi dengan prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.


2.      Manfaat Penelitian
Hasil penelitian dari penyusunan skripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi penulis. Maupun bagi ilmu pengetahuan.

a.       Bagi Penulis
Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang labih luas dalam bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya tentang faktor kompensasi dengan prestasi kerja karyawan.


b.      Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan terutama pimpinan dalam mengawasi kinerja karyawan agar tetap meningkat.

c.       Bagi Ilmu Pengetahuan
Sebagai masukan serta informasi tambahan bagi para akademisi maupun praktisi serta dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya.
      
D.    Hipotesis
Menurut Sugiyono (2007:70) hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan penelitian, dimana rumusan  masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan. Adapun hipotesis data penelitian ini adalah:
“Diduga ada hubungan antara kompensasi dengan prestasi kerja cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya”.

E.     Metodologi Penelitian

1.      Jenis dan sumber data

a.       Jenis data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka-angka, seperti tingkat prestasi kerja cargo handling, tingkat kompensasi karyawan yang diberikan, dan data lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
b.      Sumber data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

2.      Populasi dan Sampel

a.       Populasi
Menurut Sugiyono (2007:90) populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di bagian cargo handling pada tahun 2010 pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya.

b.      Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Adapun sampel yang digunakan adalah karyawan cargo handling pada PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya yang diambil secara acak.

3.      Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sebagia berikut:


a.       Penelitian Lapangan (field research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari objek penelitian ataupun perusahaan yang diteliti. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu:

1)      Kuesioner, kuesioner berisi 14 pertanyaan yang dibagikan kepada responden sebanyak 100 orang yang merupakan karyawan PT Gapura Angkasa Cabang Surabaya berisi pertanyaan mengenai objek yang diteliti.
Setiap jawaban pertanyaan diberikan bobot nilai sebagai berikut:
a)      Sangat setuju (SS) diberikan bobot nilai 5
b)      Setuju (S) diberikan bobot nilai 4
c)      Ragu-ragu (RR) diberikan bobot nilai 3
d)     Tidak setuju (TS) diberikan bobot nilai 2
e)      Sangat tidak setuju (STS) diberikan bobot nilai 1

2)      Wawancara (interview), adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam memberikan data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

3)      Pengamatan secara langsung (observation), adalah dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara langsung terhadap objek yang diteliti.


b.      Penelitian kepustakaan (libarary research)
Metode penelitian ini dilakukan untuk melengkapi data yang ada dengan membaca dan mempelajari buku-buku mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi skripsi.

4.      Metode Analisis data
Untuk menganalisis data, maka digunakan analisis statistik untuk di uji secara kuantitatif. Adapun uji statistik yang digunakan adalah sebagai berikut:

a.       Analisis Regresi Liniear sederhana
Menurut J. Supranto (2009:112) analisis ini digunakan dengan tujuan untuk:
1.      Mengetahui besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan X terhadap perubahan Y.
2.      Memperkirakan/meramalkan nilai Y kalau variabel X yang berkorelasi dengan Y sudah di ketahui nilainya.
Y = a + bX
Keterangan :
Y   = variable terikat
a    = intersep (titik potong kurva terhadap sumbu Y)
b    = koefisien regresi atau kemiringan (slope) kurva linier
X   = variable bebas (kompensasi karyawan)
n    = jumlah data yang digunakan sebagai sampel



                  a = Σ Y – b Σ X
                                     n
                  b = nXY) – (ΣX)(ΣY)
                              n X2) – (ΣX)2

b.      Anslisis Koefisien Korelasi Produk-Momen Pearson (Pearson Product-Momen Correlation Coefficient)
Menurut Anto Dajan (1993:376) analisis ini digunakan dengan tujuan untuk mengetahui kuat atau tidaknya hubungan antara variabel X dengan Variabel Y, yaitu tingkat kompensasi terhadap prestasi kerja cargo handling.

Pada hakekatnya, nilai r dapat bervariasi dari -1 melalui 0 hingga +1, yaitu:

1)      Bila r = 0 atau mendekati 0, maka hubungan antara kedua variabel sangat lemah atau tidak terdapat hubungan sama sekali.

2)      Jika r = +1 atau mendekati +1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan positif dan sangat kuat sekali.


3)      Jika r = -1 atau mendekati -1, maka hubungan antara kedua variabel dikatakan sangat kuat dan negatif.
r =                         n.ΣXY – ΣX.ΣY                  
    n.ΣX2 - X)2 n.ΣY2 Y)2
Keterangan :
r = koefisien korelasi

Tabel 1.1
Pedoman Interprestasi Koefisien Korelasi
Interval koefisien
Tingkat Hubungan
0,00 - 0,199
Sangat Rendah
0,20 - 0,399
Rendah
0,40 - 0,599
Sedang
0,60 - 0,799
Kuat
0,80 - 1,000
Sangat Kuat
Sumber : Sugiyono (2007 : 216)

c.       Analisis Koefisien Penentu
Menurut Iqbal Hasan (2003:248), analisis ini digunakan dengan tujuan unuk mengetahui kontribusi atau persentasi pengaruh besarnya kompensasi terhadap prestasi kerja cargo handling.
KP = r2 x 100%

Keterangan:
KP = Koefisien Penentu

d.      Uji Hipotesis
Menurut Algifari (2003:207), analisis ini digunakan dengan tujuan memungkinkan keputusan untuk menerima atau menolak hipotesis yang sedang di uji.

1)      Rumusan Hipotesis:
a)      Ho : ρ = 0, X dan Y tak berkorelasi
b)      HA : ρ > 0, X dan Y mempunyai hubungan positif

2)      Nilai kritis:
a)      Tingkat signifikan (α)
α = 5% = 0,05
b)      Derajat kebebasan (degree of freedom atau disingkat d.f)
d.f. = n – 2 = 100 – 2 = 98
c)   ttabel = t α;d.f. = t0,05;49 = 1,684

3)      Nilai thitung ditentukan dengan rumus sebagai berikut:                                               
thitung: =   rn – 2
                 1 – r2

4)      Keputusan:
Keputusan diambil dengan jalan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Jika thtung lebih kecil dari pada ttabel, maka keputusan untuk menerima hipotesis nol (Ho). Sebaliknya, jika thitung lebih besar dari pada ttabel maka keputusan menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha).

5)      Kesimpulan:
Kesimpulan dibuat berdasarkan keputusan yang di ambil. Jika keputusan menerima Ho, kesimpulannya adalah tidak ada korelasi antara variabel lain. Sebaliknya, jika keputusan menolak Ho dan menerima Ha kesimpulannya adalah terdapat korelasi antara variabel satu dengan variabel lain.

F.     Sitematika penulisan
            Dalam sistematika penulisan, skripsi ini terdiri dari beberapa bab yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Dalam sitematika ini dapat diuraikan sebagai berikut:
BAB I       PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tetang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian, dan sistematika penulisan.


BAB II     LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menguraikan tentang variabel penelitian yaitu definisi manajemen sumber daya manusia, kompensasi, penilaian prestasi kerja, dan variabel lain yang terkait.
BAB III    GAMBARAN UMUM
Pada bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat PT Gapura Angkasa Surabaya, organisasi dan manajemen, dan kegiatan usaha PT Gapura Angkasa Surabaya.
BAB IV    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menganalisis dan membahas mengenai permasalahan secara keseluruhan, menjelaskan adanya kompensasi dan prestasi kerja, serta hubungan antara kebutuhan karyawan terhadap prestasi kerja.
BAB V    PENUTUP
Pada bab ini penulis mengemukakan tentang kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan, juga memberikan saran-saran yang dapat bermanfaat bagi perusahaan.