Jumat, 27 Agustus 2010

ANALISIS PERBADINGAN PRODUKTIVITAS OPERASIONAL ARMADA DALAM REALISASI OPERASIONAL DENGAN PERENCANAAN OPERASIONAL ARMADA PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAKSI BEKASI TAHUN 2008

TUGAS MANDIRI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


“ANALISIS PERBADINGAN PRODUKTIVITAS OPERASIONAL ARMADA DALAM REALISASI OPERASIONAL DENGAN PERENCANAAN OPERASIONAL ARMADA PADA
PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAKSI
BEKASI TAHUN 2008”.



OLEH
TOUPAN MANDALA PUTRA
NIM : 2241 06 025


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Permasalahan transportasi di kota-kota besar saat ini menjadi masalah yang sangat
penting, kebutuhan masyarakat akan efektifitas dan kenyamanan semakin sulit untuk terpenuhi oleh jasa transportasi, seperti kebutuhan masyarakat akan ketepatan waktu dan keselamatan dalam menggunakan transportasi umum, permasalahan tersebut dapat terjadi karena perencanaan transportasi yang kurang tepat maupun perencanaan yang sudah tepat tetapi pelaksaannya yang tidak sesuai dengan perencanaan.
Permasalahan ini hampir terjadi disemua jasa transportasi termasuk jasa transportasi door to door service yaitu taksi, sistim perencanaan yang kurang tepat dan pelaksaan yang tidak sesuai dengan perencanaan menjadi penyebab masalahnya, padahal angkutan taksi dikota-kota besar di Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi) menjadi jasa angkutan yang paling tepat untuk masyarakat perkotaan yang membutuhkan keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu. Seingga peluang inilah yang harus dimaksimalisasi oleh perusahaan-perusahaan angkutan taksi dalam membuat perencanaan yang tepat dan pelaksaaan yang sesuai dengan perencanaan yang tepat.
Manajemen Perusahaan haruslah benar-benar tepat dalam membuat perencanaan sehingga kebutuhan masyarakat akan keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu dalam menggunakan angkutan taksi dapat terpenuhi, namun perencanaan yang tepat haruslah didukung oleh pengawasan dan evaluasi pada pelaksanaanya, sehingga ketepatan perencanaan menjadi ketepatan juga pada pelaksaaan.
Dalam skripsi ini penulis mengambil contoh perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa angkutan taksi yaitu PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi. Perusahaan ini tidak hanya bergerak dibidang angkutan taksi saja akan tetapi mempunyai angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata.
PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa angkutan di Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi), dalam kapsitasnya sebagai pelaksanaan pengoperasian berdasarkan jasa transportasi darat. Telah memiliki daerah pemasaran pengoperasian seperti membangun berbagai pangkalan yang terdiri dari Bandara Soekarno- Hatta dengan sticker resmi bandara, wilayah pemukiman eksekutif diwilayah Jakarta Barat yaitu Citra Garden II, Mall Metropolitan Bekasi, Mega Mall Bekasi dan Tamini Square.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skripsi dengan judul :
“ANALISIS PERBADINGAN PRODUKTIVITAS OPERASIONAL ARMADA DALAM REALISASI OPERASIONAL ARMADA DENGAN PERENCANAAN OPERASIONAL ARMADA PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAKSI BEKASI TAHUN 2008”.

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi masalah
Dari latar belakang tersebut dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut:
a. Proses prosedur dalam perencanaan operasional armada.
b. Tingkat produktivitas operasional armada dalam perencanaan operasional armada.
c. Tingkat produktivitas operasional armada dalam pelaksanaan operasional armada.
d. Perbandingan produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada dengan perencanaan operasional armada.

2. Batasan masalah
Dari identifikasi masalah tersebut, masalah penelitian hanya dibatasi pada perbandingan produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada dengan pelaksanaan operasional armada pada PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi.

3. Rumusan masalah
Dari batasan masalah dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
a. Bagaimana produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada?
b. Bagaimana produktivitas operasional armada dalam perencanaan operasional armada?
c. Bagaimana tingkat kesesuaian produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada dengan perencanaan operasional armada?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui produktivitas armada operasional dalam realisasi operasional armada?
2. Untuk mengetahui produktivitas operasional armada dalam perencanaan operasional armada?
3. Untuk mengetahui tingkat kesesuaian produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada dengan perencanaan operasional armada?
Manfaat Penelitian
1. Bagi Peneliti
Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transportasi darat pada umumnya, dan permasalahan yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan operasional armada.
2. Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi dalam mengambil kebijaksanaan khususnya dalam perencanaan dan pelaksanaan operasional armada agar lebih baik dan matang dimasa yang akan datang.
3. Bagi Masyarakat
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi tambahan pengetahuan mengenai perencanaan dan pelaksanaan operasional armada yang merupakan salah satu kunci pertumbuhan bagi perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang.

D. Hipotesis
Untuk mencapai tujuan dari penulis ini, maka diperlukan suatu hipotesis agar maksud dan tujuan penulisan skripsi ini terarah. Hipotesis merupakan parameter atau dugaan sementara dari hasil penelitian, hipotesis dalam penelitian adalah, produktivitas operasional armada dalam realisasi sesuai dengan produktivitas operasional armada dalam perencanaan operasional armada, sebab realisasi operasioal armada dilaksanakan berpedoman pada perencanaannya (Standart Operational procedure).

E. Metodologi Penelitian
1. Metode pengumpulan data
a. Penelitian lapangan (Field Research)
Dengan melakukan penelitian lapangan didapatkan data primer penelitian dengan mendatangi objek penelitian, yaitu PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi, data tersebut diperoleh melalui:
1) Observasi langsung, maksudnya memperoleh data dengan mengamati langsung keadaan dilapangan yang berubungan dengan bidang penelitian.
2) Wawancara, artinya mendapatkan informasi serta data yang dibutuhkan melauli pihak-pihak yang terkait yang bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan.
b. Penelitian kepustakaan (Library Research)
Penelitian ini bertujuan mendapatkan data sekunder dan diperoleh dari sumber-sumber bacaan atau literature yang berkaitan dengan bidang penelitian.

2. Tekhnik Analisis Data
Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan membandingkan produktivitas operasinal armada dalam realisasi operasional armada sebagi variabel X dengan produktivitas operasional armada dalam perencanaan operasional armada sebagai variabel Y pada PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi.
Analisis yang digunakan adalah metode analisis horizontal. Analisis horizontal merupakan analisis data yaitu dengan membandingkan dalam beberapa periode untuk digunakan dalam laporan keuangan. Tetapi, dalam penelitian ini diaplikasikan untuk membandingkan produktivitas operasional armada dalam realisasi operasional armada dengan perencanaan operasional armada.

F. Sistematika Penulisan Skripsi
Skripsi disiapkan dalam lima bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Pendahuluan menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II : LANDASAN TEORI
Menguraikan teori yang berkaitan dengan judul skripsi secaraluas hingga teori yang akan digunakan untuk analisis pembahasan. Setiap bentuk rujukan dari sejumlah literature disebutkan dengan jelas sebelumnya.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAKSI BEKASI
Menguraikan sejarah singkat, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha PT Primajasa Perdanaraya Taksi Bekasi.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan dibahas masalah-masalah yang diungkap dalam perumusan masalah. Terdapat subbab yang tergantung pada tujuan penelitian dan ruang lingkup pembahasannya. Oleh karena itu, dalam pembahasan masalah dianalisis dengan teori dan alat analisis yang telah ditentikan sebelumnya.
BAB V : PENUTUP
Pentup terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan diambil dari bab IV yaitu analisis dan pembahasan, sedangkan saran disesuaikan dengan solusi pada analisis dan pembahasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar