Senin, 09 Agustus 2010

ANALISA HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI KEPEGAWAIAN PADA PERUSAHAAN PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) BANDARA SOEKARNO HATTA

Nama : Nugroho Yogo Pratomo
NIM : 224106056


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan memiliki harapan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini ditentukan oleh bagaimana perusahaan menjalankan unsur manajemen yang ada seperti manusia, material, mesin dan uang. Diantara unsur tersebut, faktor manusia memiliki peran yang sangat penting, sehingga sedemikian pentingnya faktor manusia maka keberhasilan organisasi sebagian besar tergantung pada manusia. Keberhasilan maupun kegagalan dari suatu perusahaan tidak dinilai dari keuntungan yang diperolehnya saja tetapi juga sangat tergantung kepada sumber daya yang dimilikinya. Dalam menunjang jalannya perusahaan, setiap perusahaan selalu berusaha untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya manusia. Sumber daya yang terampil dan bertanggung jawab akan meningkatkan pula produktivitas perusahaan secara keseluruhan.
Pada hakikatnya mencapai keberhasilan dalam pencapaian tujuan bukan terletak pada faktor manusia saja, namun juga hubungan timbal balik dan kerja sama yang baik antar pihak-pihak yang terkait. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan komunikasi antar individu maupun kelompok yang bekerja dalam suatu perusahaan. Komunikasi adalah salah satu sarana individu untuk berhubungan dengan individu lainnya.
Tanpa adanya komunikasi yang baik maka semaju apapun bidang teknologi tidak akan ada artinya, dengan komunikasi yang berjalan dengan baik maka akan turut mendukung perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu komunikasi yang baik dari para karyawan ataupun anggota dari suatu perusahaan senantiasa harus ditingkatkan guna mencapai kemajuan perusahaan secara efektif dan efisien. Memacu perusahaan dalam upaya meningkatkan produktivitas tidaklah mudah, untuk itu melalui komunikasi perusahaan dapat memberikan pengarahan dan memotivasi karyawannya agar semangat kerja mereka meningkat dan mendorong meningkatnya prestasi kerja. Dengan adanya komunikasi yang efektif, pimpinan perusahaan dapat mengetahui apa kebutuhan karyawannya dan berusaha untuk memenuhi. Pimpinan juga dapat menyampaikan pada karyawan apa saja yang semestinya dilakukan untuk pencapaian tujuan perusahaan. Begitu juga sebaliknya karyawan dapat memahami dan menjalankan perintah yang diberikan pimpinan. Dengan demikian akan tercipta suatu hubungan timbal balik dan kerjasama yang menyatu dan harmonis.
Dalam pelaksanaan komunikasi tidak lepas dari hambatan-hambatan. Faktor inilah yang menjadi penyebab terjadinya kesalahpahaman. Baik terjadi gangguan pada saluran komunikasi atau pada obyeknya maupun pada pelaku komunikasi itu sendiri.
Hal-hal tersebut diataslah yang mendorong penulis untuk membahas masalah komunikasi ini pada PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) sebagai topik skripsi. Perusahaan ini bergerak pada bidang jasa ground handling, dimana memiliki beberapa divisi dengan tugas yang berbeda satu sama lainnya namun saling melengkapi dan mendukung dalam kebutuhannya.
Dalam suatu kelompok kerja dengan tugas berbeda pasti memiliki berbagai macam masalah pribadi yang berbeda-beda pula, dari keadaan tersebut sering terjadi perbedaan persepsi yang kadang-kadang menyebabkan pesan yang disampaikan tidak sama dengan pesan yang diterima. Untuk mencapai suatu produktivitas kerja yang meningkat maka perusahaan perlu untuk berusaha meningkatkan kualitas kerja karyawannya, salah satunya dengan meningkatkan kualitas komunikasi dalam perusahaan itu sendiri.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk memilih judul “ANALISA HUBUNGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI KEPEGAWAIAN PADA PERUSAHAAN PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) BANDARA SOEKARNO HATTA”.

Perumusan Masalah
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka yang menjadi identifikasi masalah diatas adalah :
Masalah komunikasi yang lemah berkaitan dengan produktivitas kerja.
Saran komunikasi yang memadai, namun produktivitas masih perlu ditingkatkan.
Kesempatan berkomunikasi yang terbatas dengan pimpinan.
Batasan Masalah
Berdasarkan Identifikasi masalah yang telah dijabarkan diatas, penelitian ini dibatasi pada masalah peranan komunikasi terhadap produktivitas kerja karyawan dibidang kepegawaian PT. JASA ANGKASA SEMESTA cabang Jakarta.
Pokok Permasalahan
Bagaimana efektivitas komunikasi pada divisi kepegawaian PT. JASA ANGKASA SEMESTA ?
Bagaimana pendapat karyawan terhadap faktor-faktor pendukung produktivitas kerja pada divisi kepegawaian PT. JASA ANGKASA SEMESTA
Adakah hubungan efektivitas pelaksanaan komunikasi dengan faktor pendukung produktivitas kerja karyawan dibidang kepegawaian pada PT. JASA ANGKASA SEMESTA?

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui efektivitas komunikasi pada karyawan di perusahaan.
Untuk mengetahui produktivitas karyawan pada perusahaan.
Untuk mengetahui hubungan efektivitas komunikasi dengan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan.
Manfaat Penelitian
Bagi Peneliti
Untuk menambah pengetahuan di bidang sumber daya manusia, khususnya pada pelaksanaan komunikasi.
Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan sumbangan pemikiran yang berguna dalam rangka penyempurnaan kualitas komunikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja di bidang kepegawaian JASA ANGKASA SEMESTA Cabang Utama Soekarno - Hatta.
Bagi Masyarakat
Diharapkan dapat menjadi tambahan informasi pengetahuan mengenai sumber daya manusia, khususnya komunikasi.

Metodologi Penelitian
Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor dari jawaban angket.
Populasi dan Sample
Populasi merupakan jaumlah obyek secara keseluruhan atau generalisasi dari obyek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertent. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah karyawan dibidang kepegawaian.
Sample adalah bagian dari populasi atau bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Sample ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah efisiensi biaya dan efektivitas waktu. Adapun sample yang akan diambil adalah sebanyak 30 orang karyawan dibidang kepegawaian PT. JASA ANGKASA SEMESTA.
Metode Pengumpulan Data
Riset Lapangan
Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu :
Pengamatan secara langsung (observasi).
Wawancara (Interview) secara lisan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam memberikan data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.
Survey melalui kuesioner yang dibagikan kepada karyawan PT. JASA ANGKASA SEMESTA cabang utama Soekarno-Hatta dibidang kepegawaian.
Riset Kepustakaan
Guna melengkapi data yang ada, penulis menggunakan beberapa literature, teks book, serta dokumen-dokumen yang ada dan berhubungan dengan masalah yang diteliti.
Metode analisis data
Untuk mentransfer pernyataan responden, penulis membuat pembobotan atau skor dengan terlebih dahulu membuat skala likert.
Analisis Korelasi
Suatu metode statistika yang digunakan untuk mengetahui kuat atau tidaknya derajat hubungan garis lurus (linier) antara dua variable atau lebih, nilai koefisien korelasi ini paling sedikit -1 dan paling besar +1, jika dibuat persamaannya dapat dinyatakan sebagai berikut : -1< r <+1 yang artinya : Jika r = 0 atau mendekati 0, maka tidak ada hubungan antara kedua variable atau hubungan sangat lemah. Jika r = +1 atau mendekati +1, maka hubungan antara kedua variable tersebut dinyatakan sangat kuat dan positif. Jika r=-1 atau mendekati -1, maka hubungan antara kedua variable tersebut dinyatakan sangat negatif. Rumus : Rxy = (n∑XY-∑X.∑Y)/√(n∑X-(∑X).√(n∑Y-(∑Y))) (J.Supranto, 1993) Keterangan : r : Koefisien korelasi X dan Y n : ∑sample X : variable independent (Komunikasi) Y : variable independent (Produktivitas) Koefisien penentu Digunakan untuk mengetahui berapa besar kontribusi/pengaruh dari variable X terhadap Y dengan rumus: KP : r2 x 100% Keterangan : Kp = koefisien penentu R = Koefisien korelasi X dan Y Uji Hipotesis (Uji Korelasi) Hipotesis adalah hasil sementara suatu penelitian yang perlu diuji kebenarannya. Ho : ρ = 0, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y (hubungan tidak signifikan) Ha : ρ > 0, artinya ada hubungan antara X dan y (hubungan signifikan).
Rumus : t hitung = √((n-2))/√((1-r))
Berdasarkan t hitung dan t table
t table (α = 0,05 da df = n-2)
keterangan :
t hitung : Hasil perhitungan
r hitung : Koefisien Korelasi X (komunikasi) dan Y (Produktifitas)
n hitung : jumlah sample
Kesimpulan
Jika thitung < ttabel, maka Ho = diterima, Hi = ditolak, hubungan X dan Y tidak signifikan. Jika thitung > ttabel, maka Ho = ditolak, Hi = diterima, hubungan X dan Y signifikan.

Hipotesis
Adapun hipotesis penelitian ini adalah diduga adanya hubungan antara peranan efektivitas komunikasi dalam mendukung produktivitas kerja, dengan kata lain apabila semakin baik peranan komunikasi, maka semakin tinggi atau meningkat produktivitas kerja karyawan di bidang kepegawaian PT. JASA ANGKASA SEMESTA cabang utama Soekarno-Hatta.

Sistematika Penulisan
Adapun materi skripsi yang dibahas ini dibagi 5 (lima) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini memberikan uraian secara sistematis tentang variabel penelitian yaitu pengertian manajemen sumber daya manusia, fungsi manajemen sumber daya manusia, komunikasi, produktivitas, dan variable lain yang terkait.

BAB III GAMBARAN UMUM PT.JAS (JASA ANGKASA SEMESTA)
Bab ini berisi hal-hal yang mencakup sejarah perusahaan, manajemen dan organisasinya serta kegiatan perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi analisis data mengenai analisis komunikasi, analisis produktivitas kerja, dan hubungan antara komunikasi dengan produktivitas kerja.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir, yaitu kesimpulan dari bab IV serta penyampaian saran - saran oleh penulis kepada PT. JAS (JASA ANGKASA SEMESTA) yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan.

1 komentar: