Senin, 09 Agustus 2010

ANALISIS PENANGANAN MUATAN PETIKEMAS EKSPOR DI TINJAU DARI JUMLAH PETIKEMAS EKSPOR DI LAPANGAN PENUMPUKAN PADA PT. MUSTIKA ALAM LESTARI JAKARTA TAHUN 2006-2008

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang, kegiatan perdagangan internasional yang dikenal dengan istilah ekspor impor semakin pesat sehingga memacu para penyedia transportasi terutama transportasi laut yaitu perusahaan terminal petikemas untuk memberikan suatu pelayanan yang baik, aman dan efisien.
Kegiatan ekspor sebagian besar menggunakan moda transportasi laut dengan sarana kapal, karena dalam pengiriman barang ekspor maupun impor biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dan dapat memuat lebih banyak barang sehingga transportasi laut merupakan pilihan utama dalam melakukan kegiatan ekspor impor.
Untuk menambah efisiensi dan keamanan barang yang menggunakan transportasi laut maka diciptakanlah sebuah sarana atau alat yang dipergunakan sebagai suatu tempat untuk menempatkan barang yang akan di ekspor, yaitu petikemas (container) tersebut, maka perusahaan terminal petikemas dituntut untuk memberikan suatu penanganan pelayanan barang ekspor pada khususnya dengan menggunakan petikemas (container). Dengan semakin meningkatnya permintaan dari pengguna jasa untuk melakukan kegiatan pengiriman barang yang beragam jenisnya maka diperlukan suatu penanganan muatan ekspor yang penanganannya dari beragam jenis barang tersebut.
Penanganan container adalah hal yang sangat dibutuhkan dikarenakan dapat mempengaruhi waktu pengiriman, sehingga harus dapat terus menerus dilakukan pemantauan atau penanganan baik dilapangan penumpukan container sampai dengan di muat di atas kapal. Dalam hal ini perusahaan terminal petikemas PT. Mustika Alam Lestari Jakarta melayani pemuatan barang ekspor untuk barang-barang yang akan di kirim ke suatu tempat. PT. Mustika Alam Lestari memberikan suatu penanganan dalam menangani petikemas (container) ekspor maupun penanganan container impor sesuai dengan permintaan shipper, ini dikarenakan agar kelancaran arus barang di pelabuhan tidak terhambat dan menjaga nilai ekonomi suatu barang yang memang memerlukan penanganan khusus. Sebab dalam penanganan muatan ekspor tersebut terdapat permasalahan yang terjadi ketidaksesuaian target terminal petikemas di PT. Mustika Alam Lestari Jakarta, hal ini terjadi karena diakibatkan ketidaklancaran penanganan muatan ekspor tersebut.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas dan dilihat dari segi efisiensi kerjanya maka diperlukan suatu penanganan muatan terutama dalam muatan ekspor yang dapat dilihat dari banyaknya muatan. Sehingga dapat memberikan suatu pelayanan yang baik kepada para pengguna jasa transportasi laut. Berdasarkan uraian diatas maka penulis mencoba untuk mengambil dan mengulas dalam skripsi dengan judul “ANALISIS PENANGANAN MUATAN PETIKEMAS EKSPOR DI TINJAU DARI JUMLAH PETIKEMAS EKSPOR DI LAPANGAN PENUMPUKAN PADA PT. MUSTIKA ALAM LESTARI JAKARTA TAHUN 2007-2009”
B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat di identifikasikan masalah yang dihadapi yaitu :
a. Masalah Container Yard dan fasilitas peralatan bongkar muat yang kurang memadai.
b. Kesalahan dalam penyusunan petikemas yang tidak sesuai dengan pelabuhan tujuannya.
c. Bagaimana masalah penanganan muatan petikemas di lapangan penumpukan yang tidak sesuai dengan prosedur perusahaan.
d. Jumlah muatan petikemas ekspor di lapangan penumpukan tidak stabil.

2. Pembatasan masalah
Melihat dari identifikasi masalah tersebut maka penulis membatasi masalah yaitu masalah penanganan muatan ekspor ditinjau dari Jumlah petikemas ekspor pada PT. Mustika Alam Lestari Jakarta Tahun 2006-2008.

3. Pokok Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
a. Bagaimana proses penanganan muatan ekspor di PT. Mustika Alam Lestari ?
b. Bagaimana tingkat perkembangan jumlah petikemas ekspor di PT. Mustika Alam Lestari tahun 2007-2009 ?
c. Bagaimana penanganan muatan di tinjau dari jumlah petikemas ekspor pada PT. Mustika Alam Lestari ?

C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan, antara lain sebagai berikut :
a. Untuk mengetahui proses penanganan muatan ekspor.
b. Untuk mengetahui tingkat perkembangan jumlah petikemas ekspor.
c. Untuk mengetahui penanganan muatan ekspor terhadap jumlah petikemas ekspor.

2. Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat kepada beberapa pihak, antara lain :
a. Penulis
1) Mengembangkan ilmu dan pengetahuan mengenai factor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap proses penanganan ekspor ditinjau dari volume petikemas ekspor.
2) Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi kelengkapan studi guna
memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Mahasiswa STMT TRISAKTI.


b. STMT TRISAKTI
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan di bidang pelayanan jasa
ataupun sebagai sumbangan pemikiran untuk penelitian selanjutnya.

c. Perusahaan
Menjadi bahan acuan dalam menyempurnakan kebijakan dan program dalam menentukan arah strategi usaha yang dilakukan pada masa yang akan datang dan sebagai alat evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

D. Metodologi Penelitian
Dalam penulisan skripsi ini penulis memperoleh data dengan mengumpulkan data-data yang dilakukan dengan cara:
1. Jenis Data
Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dan digali melalui hasil pengolahan pihak kedua dari hasil penelitian lapangan.
2. Metode Pengumpulan Data
a. Wawancara
Yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam bentuk tanya-jawab langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, pihak yang terlibat di sini adalah bagian operasional yang ada pada perusahaan.

b. Observasi
Merupakan proses pencatatan pola perilaku subyek (orang), obyek (benda) atau kejadian yang sistematik tanpa adanya pertanyaan dan komunikasi dengan individu-individu yang diteliti.
c. Riset Kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan melalui sumber kepustakaan untuk membangun kerangka teoritis, sumber-sumber kepustakaan berupa buku-buku teks.
3. Metode Analisis Data
Metode yang digunakan untuk memecahkan persoalan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran penanganan muatan ekspor menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Metode deskriftif kualitatif dilakukan dengan menggunakan teori yang berkaitan yakni, dengan menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti dengan dilihat dari beberapa periode tertentu.

E. Sistematika Penulisan
Sistematika ini merupakan pembahasan secara singkat, penulis menggunakan sistematika pembahasan ini dalam lima bab, sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi pembatasan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian, metode penelitian, serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II: LANDASAN TEORI
Dalam bab ini diuraikan mengenai pengertian muatan, jenis-jenis muatan, penanganan barang, pengertian petikemas, jenis-jenis petikemas, pengertian ekspor, prosedur ekspor, konsep teori perbandingan, pengertian manajemen operasi.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT MUSTIKA ALAM LESTARI
Dalam bab ini menjelaskan gambaran umum perusahaan PT. Mustika Alam Lestari yang meliputi sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi dan manajemen perusahaan, bidang usaha dan perkembangan perusahaan, dan fasilitas yang dimiliki.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini merupakan ulasan dan uraian hasil penelitian yang di dalamnya di jelaskan tentang pembahasan penanganan muatan ekspor, analisis volume petikemas ekspor, dan pengaruh muatan ekspor terhadap volume petikemas.
BAB V : PENUTUP
Dalam bab ini di muat kesimpulan dan saran-saran yang merupakan uraian singkat yang diambil dari pembahasan dan penelitian.



DAFTAR PUSTAKA


Abbas Salim ; Manajemen Transportasi, PT. Raja Gravindo Persada, Jakarta, 2004.
Arwinas Dirgahayu ; Petunjuk Penanganan Kapal Dan Barang di Pelabuhan, PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II, Jakarta, 1999.
Dirk Koleangan ; Sistim Peti Kemas (Container System), Jakarta, 2008.
F. D. C Sudjatmiko ; Pokok-Pokok Pelayaran Niaga, Akademika Pressindo, Jakarta, 1995.
Hananto Soewedo ; Diktat Pelayaran Niaga, Jakarta, 1996.
Permasalahan pada pelabuhan : www.google.com
Bongkar muat : www.google.com
Macam2 petikemas : www.containerorg.com
Manajemen operasi dermaga : www.google.com
System manajemen yard : www.c3solution.com
Manajemen operasi lapangan : www.tpk-koja.co.id
Yard occupancy ratio : www.tpk-koja.co.id
Over brengen dermaga : www.tpk-koja.co.id
Manajemen pelabuhan : www.wikipedia.com
Operasi terminal : www.tpk-koja.co.id





ANALISIS PENANGANAN MUATAN PETIKEMAS EKSPOR DI TINJAU DARI JUMLAH PETIKEMAS EKSPOR DI LAPANGAN PENUMPUKAN PADA PT. MUSTIKA ALAM LESTARI JAKARTA TAHUN 2006-2008





PROPOSAL







OLEH
stefhanus
NIM : 224305054







Dalam rangka tugas mandiri semester pendek
manajemen sumber daya manusia






SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI
JAKARTA
2010
Selamat malam pak, saya stefhanus mahasiswa bapak di stmt yang mengikuti mata kuliah MSDM, apabila saya banyak salah dalam mengerjakan tugas mandiri ini saya mohon maaf..
Mungkin saya terburu2 dalam mengerjakan tugas ini.
Juga saya mengirim melalui email, karena saya tidak mengerti untuk mengupload di blog maupun attach di email..
Terima kasih atas perhatian bapak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar